AKTIF PERKULIAHAN SEMESTER GENAP MULAI TANGGAL 10 FEBRUARI 2013 SEMUA MAHASISWA DIWAJIBKAN JARIAH UNTUK MASJID KAMPUS SEBESAR 150.000 BISA DIANGSUR 2 SEMESTER

Minggu, 10 Juli 2011

Resum


RESUM I PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Materi             : 1. Pengertian Psikologi
2. Timbulnya aliran – aliran dalam Psikologi
a. Aliran Asosiasi
b. Aliran gestalt
c. Aliran Behavidrime
1.      Pengertian Psikologi
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental. Psikologi merupakan cabang ilmu yang masih muda atau remaja. Sebab, pada awalnya psikologi merupakan bagian dari ilmu filsafat tentang jiwa manusia. Menurut plato, psikologi berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, hakikat, dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa ; logos = ilmu pengetahuan).
2.      Timbulnya Aliran-Aliran Dalam Psikologi
a)      Aliran Assosiasi
Salah seoarang tokoh aliran asosiasi ini yang terkenal adalah John Locke. Locke berpendapat bahwa pada permulaannya jiwa anak itu adalah bersih semisal selembar kertas putih, yang kemudian sedikit demi sedikit terisi oleh pengalaman atau empiri.
b)     Aliran Gestalt
Psikologi gestalt adalah gerakan Jerman yang seecara langsung menantang psikologi structural Wundt. Para gestaltis mewarisi tradisi psikologi aksi dari Brentano dan Stumpf, serta akademi Wurzburg, yang berupaya mengembangkan alternative bagi Mode.
c)      Aliran Behaviorisme
Behaviorisme adalah system psikologi yang mengambil perilaku tampak yang dapat diamati dan diukur sebagai subjek pembahasanya. Dalam bentuk yang paling kaku, yang pada awalnya diajukan oleh J. B. Watson dan kemudian oleh B. F. Skinner.

RESUM III PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Judul              :  Pandangan Umm Tentang Kejiwa’an Manusia
Materi             : 1. Divinisi Jiwa Manusia
                          2. Gejala Umum Kejiwa’an Manusia
                          3. Proses Berfikir Manusia dalam Pemecahan
1.      Kata jiwa memiliki arti ruh manusia yang ada di dalam tubuh dan yang menyebabkan seseorang hidup ( bernyawa ), jiwa atau dalam bahasa yunani pcyche adalah bagian yang bukan jasmaniyyah dari seseorang dan biasanya jiwa itu di percaya mencakup fikiran dan kepribadian  dan sinonimous antara ruh dan akal , dan di dalam teologi , jiwa di percaya hidup terus setelah seseorang itu meninggal, dan jiwa manusia itu di ciptakan semata2 sebagai pengendali jasad kasar manusia.
2.      Gejala umum kejiwa’an manusia itu ada 4 macam yaitu
a.       gejala pengenalan ( kognisi ), yaitu kemampuan jiwa untuk mengenali diri dan alam sekiter yang mana di dukung oleh 2 unsur, yaitu unsure pengindera’an dan unsur      pengamatan.
b)      Gejala perasa’an , yaitu suatu keada’an kerohanian dan bias juga di sebut peristiwa kejiwa’an yang di alami dengan senang atau tidak senang, dan gejala ini meliputi simpati dan empati.
c)      Gejala kemauan yaitu bisa juga di samakan dengan hasrat tau keinginan , atau bisa  di sebut dengan aktifitas psyikis yang mengandung usaha aktif dan berhubungan dengan pelaksana’an, tujuan, dan di kendalikan oleh akal budi.
d)                 Gejala campuran, gejala campuran itu ada 3 faktor yaitu :
a)      perhatian yaitu keaktifan yang di arahkan kepada suatu obyek baik di luar maupun di dalam dirinya.
b)      gejala kelelahan yaitu menurunya aktifitas jiwa yang di sebabkan oleh berlangsungnya aktifitas baik aktifitas dalam ataupun luar.
c)      gejala sugesti, yaitu yang secara singkatnya adalah pengaruh.
3.      Proses berfikir manusia dalam pemecahan masalah adalah yang di difinisikan sebagai    memilih solusi terbaik dari sejumlah alternative yang tersedia dan pengambilan pemecahan masalah yang salah akan mempengaruhi kualitas hasil dari pemecahan masalah yang di lakukan.

RESUM IV PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Judul              : Perkembangan Kejiwa’an Manusia
1.            Perkembangan kejiwa’an manusia
Perkembangan kejiwa’an manusia itu bersifat dinamistik dalam artian selalu mengalami perkembangan , situasi dan kondisi yang terjadi pada sa’at itu.
Perkembangan itu sendiri mmpunyai arti suatu proses tertentu yaitu  suatu proses yang menuju ke depan, sedangkan ilmu jiwa atau kejiwa’an manusia adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kepribadian manusia yang mana dalam hal ini meliputi :
a)      Gambaran seseorang sebagai individu secara keseluruhan baik fisik , wajah , ataupun inteljensinya
b)      Organisasi tingkah laku secara kesluruhan  
Menurut ki hajar dewantoro factor yang mempengaruhi jiwa manusia yaitu factor internal dan external , tetapi yang lebih berpengaruh ya’ni factor external yang meliputi masyarakat, pendiddikan dll.
Sebenarnya factor yang mempengaruhi jiwa manusia itu atau para ahli yang telah mengapleasikan factor kejiwa’an manusia nah itu lumayan banyak namun di antaranya seperti yang sudah kami paparkan di atas ya’ni menurut ki hajar dewantoro, jadi kesimpulanya factor yang mempengaruhi jiwa manusia itu ada 3.
1.         Foktor dari dalam diri manusia, meliputi bakat, minat, kemauan, kecerdasan, dan fantasi.
2.         Factor dari luar diri manusia, meliputi pendidikan, keluarga, masyarakat, benda hidup, benda mati, iklim.
3.         Faktor campuran dari keduanya, meliputi hukum konvergensi, hukum mempertahankan diri, dan hukum perkembangan.
2.            fase – fase perkembangan jiwa manusia 
Fase atau masa perkembangan kejiwa’an manusia adalah suatu tahapan yang teratur dengan ciri yang sama bagi stiap individu, dan masing  individu itu tidak sama dalam hal waktu serta muncul dan kematanganya.
Para ahli telah banyak memberikan pendapat dan juga perbeda’an pendapat mengenai pembagian waktunya , di sini saya mengambil satu pendapat yaitu menurut Aritotelas yang mana perkembangan menurut sederhananya yaitu perkembangan anak dari lahir itu ada 3 priode yaitu :
1.      masa anak kecil masa bermain  yaitu umur 0 – 7
2.      masa anak masa belajar yaitu umur 7 – 14
3.      masa pubertas masa menuju dewasa yaitu umur 14 – 21

RESUM V PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Materi             : Kepribadian Manusia

Semua orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda –beda dan kepribadian yang dimilki seseorang akan berubah-ubah antar beberapa komponen meliputi :sikap,nilai, keyakinan,emosi,perasaan dan motif hidup.
Kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai sifat dan konsep diri seseorang.jika dikaji lebih dalam sebenarnya proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan kepribadian seseorang.jadi secara umum dapat dikatakan bahwa kepribadian merupakan suatu proses dinamis didalam diri manusia yang terus-menerus dilakukan.
Banyak para pakar psikologi yang membagi beberapa keterangan tentang seseorang yang memiliki kepribadian yang berubah-ubah seperti halnya yang dikemukakan oleh Galen dan William Seldhom bahwa perubahan kepribadian manusia dilihat dari bentuk darah atau zat empedunya sedangkan menurut Sigmun Freud perubahan kepribadian seseorang itu dipengaruhi dari umur atau usia .
Menurut Sheehy pereubahan kepribadian juga dipengaruhi oleh umur dikarenakan semua kepribadian manusia pasti diakibatkan dengan umur misalnya anak yang berumur 12 tahun dia sudah mengetahui apa yang diperbuat itu jelek atau baik sedangkan   anak yang berumur 1 tahun dia masih tidak memahami apa yang telah diperbuat ,jadi Sheehy sangat yakin bahwa perubahan kepribadian itu dipengaruhi oleh umur.
     Perubahan dalam kepribadian tidak berubah secara spontan melainkan merupakan hasil pematangan,pengalaman,tekanan dari lingkungan social budaya . Faktor-Faktot yang mengakibatkan perubahan kepribadian itu banyak sekali diantaranya : pengalaman awal, pengaruh budaya ,kondisis fisik, daya tarik, inteligensi,emosi, nama, keberhasilan dan kegagalan ,penerimaan sisial ,pengaruh keluarga dan perubahan fisi


RESUM VI PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Materi             : 1. Masa Kanak-kanak
2. Masa Remaja
1.      Masa Kanak-Kanak
Awal masa kanak-kanak ditandai oleh moralitas dengan paksaan, suatu masa dimana anak belajar mematuhi peraturan secara otomatis melalui hukuman dan pujian, preode ini juga merupakan masa penegakan disiplin dengan cara yang berbeda, ada yang secara otoriter, lemah dan demokratis. Minat umum anak meliputi minat terhadap agama, tubuh manusia, diri sendiri, pakaian dan seks, ketidak tepatan dalam mengerti sesuatu merupakan hal yang umum.
Akhir masa kanak-kanak yang berlangsung dari enam tahun sampai anak mencapai kematangan seksual, yaitu ekitar umur 13 th bagi anak perempuan dan 14 th bagi anak laki-laki, yang mana masa tersebut oleh orang tua disebut masa yang menyulitkan karena pada masa-masa ini anak sering bertengkar, bandel dan lain-lain.
2.      Masa Remaja
Secara psikologis, masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak sudah tidak merasa lagi dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada pada tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak. Integrasi dalam masyarakat (dewasa) mempunyai banyak aspek efektif, transformasi intelektual yang khas dari cara berpikir remaja ini memungkinkan untuk mencapai integrasi dalam hubungan social orang dewasa, yang kenyataanya merupakan ciri khas yang umum dari periode perkembangan ini.



RESUM VII PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Materi             : Perkembangan Kejiwa’an Manusia Berdasarkan Tipologi Temperament                     dan Kebudayaan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya kepribadian manusia dapat ditinjau dari tipologi temperamen dan tipologi kebudayaan, tipologi temperamen lebih menitik poinkan pada karakteristik perasaan manusia sedangkan tipologi kebudayaan lebih membahas tentang dua macam jiwa yakni jiwa subjektif dan jiwa objektif yang tambah meluas pada pembagian manusia menjadi enam macam: 1. Manusia Politik 2. Manusia Ekonomi 3. Manusia Social 4. Manusia Ilmu Pengetahuan 5. Manusia Seni 6. Manusia Agama.


RESUM I PSIKOLOGI
Nama              : Ahmad Zaki Muhyiddin    ( NIM : 2010100010 )
Semester         : II (Program Khusus )
Materi             : Perubahan Kepribadian Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung Yang Ke